Dear You, Welcome To My Personal Blog "svaxnet" By. Simon Rizyard Banundi

Rabu, 12 September 2012

CALON NEGARA BARU DI PASIFIK, PERJANJIAN NOUMEA 1998 NEW CALEDONIA REFERENDUM 2014


Kanaki Melanesian (Penduduk Pribumi New Caledonia)
Salah satu negeri yang siap menjadi calon Negara baru di pasifik, terletak di Pacific selatan (South of Pacific) adalah Pulau New Caledonia, wilayah ini bagian integral dari Republik Prancis yang mempunyai satu status tertentu yaitu Propinsi di luar teritori (Overseas Theritory), itulah Kaledoni Baru yang oleh Prancis disebut Nouvelle Caledonie (New Caledonia). Kepulauan ini terletak di sebelah Timur Australia, sebelah Selatan Vanuatu, sebelah Barat Fiji dan sebelah Utara Selandia Baru.


Sejarah politik mengungkap pulau New Caledonia pertama kali ditemukan oleh James Cook pelaut Eropa pada tahun 1774, baru pada tahun 1853 setelah penemuan Nikel, New Caledonia dianeksasi paksa oleh Perancis, kepentingan politik Prancis juga sebagai tujuan politik Prancis untuk memperluas pengaruhnya di kawasan Pasifik. Awal mulanya New Caledonia digunakan sebagai tempat pembuangan orang – orang yang dihukum berat, disamping itu Amerika juga menggunakan New Caledonia sebagai pangkalan militer. Antara tahun 1864 – 1897 ada sekitar 21 ribu orang tahanan dipindahkan oleh Prancis ke pulau ini menyebabkan konflik dengan penduduk pribumi “Kanaki”.  Sebagai “Ras Melanesia” (Melanesian Kanak), penduduk Kanaki merasa penjajahan Prancis dan pembuangan orang – orang tahanan “telah membuat tanah mereka diperkosa sehingga menyebabkan perselisihan panjang”. Pasca perang dunia ke-II (World War II) sekitar tahun 1956 Penjajahan Prancis makin kejam, New Caledonia di adopsi menjadi Propinsi milik Prancis berdasarkan konstitusi I.985 Prancis, orang Kanaki hanya dibolehkan tinggal ditempat – tempat tertentu saja dan atas perijinan pemerintah Prancis. Saking seringnya terjadi pertengkaran antara penduduk asli dan pendatang maka melalui Komite Dekolonisasi PBB ditetapkanlah New Caledonia menjadi wilayah Non-Self Govenming Territories (Wilayah tak berpemerintahan sendiri) dari Prancis. Pada tahun 1984 Majelis Prancis mengesahkan Undang – Undang yang memberikan Otonomi Internal kepada New Caledonia (Internal Autonomy to New Caledonia) sebagai respon pemerintah Prancis terhadap konflik yang mulai sering muncul dengan penduduk asli.

Wanita Tradisional New Caledonia (Suku Jawa Indonesian)
Saat ini Prancis masih mempertahankan New Caledonia dengan membentuk pemerintahan di wilayah ini dipimpin langsung oleh Prancis, Presiden Prancis terkini, Francois Hollande yang terpilih melalui Pemilu 6 Mei 2012 lalu adalah juga Presiden yang sama untuk New Caledonia saat ini. Pulau New Caledonia hanya dibatasi dengan dipimpin oleh seorang kepala Pemerintahan sejajar dengan Gubernur kalau di Indonesia, Philipie Gomez adalah kepala pemerintahan New Caledonia saat ini, terdapat perwakilan majelis nasional dua kursi diisi anggota dari New Kaledonia, salah satunya mengisi kursi senat Prancis.


Monument World War II at Noumea
Pada tahun 1998 di kota Noumea (Calon Ibu Kota Negara New Caledonia), terjadi jajak pendapat mengenai status masa depan New Caledonia, melalui jajak pendapat ini lahirlah perjanjian Noumea yang menyetujui menunda referendum hingga 15 sampai 20 Tahun lagi bagi penduduk asli New Caledonia. Sepanjang waktu tersebut, Prancis tetap mengontrol keimigrasian, Kepolisian, Militer, Luar Negri termasuk mata uang New Caledonia.

Perkembangan terbaru, pada Agustus 2012 di Fiji melalui pertemuan MSG (Melanesian Spearhead Group’s), isu proses dekolonisasi masyarakat melanesian kanak telah menjadi topic utama Negara – Negara anggota MSG yang terdiri dari Vanuatu, PNG, Fiji, Tuvalu, Samoa juga Australia dan Selandia Baru. Dalam pertemuan MSG telah mengambil kesepakatan untuk terus memantau proses Perjanjian Noumea 1998 sampai penduduk Kanaki memutus sendiri referendum mereka apakah berdiri sendiri sebagai Negara atau integrasi bersama Prancis, MSG juga akan memberikan temuan hasil monitoring perjanjian Noumea kepada PBB.


De Solle Houttel at Noumea City
Selamat saudara – saudariku “Melanesian Kanak”, teruslah berjuang menuju kemenangan hak menentukan nasib sendiri…

PROFILE COUNTRY
Nama Resmi :        
Territoire des Nouvelle Calledonie et (Territory of New Caledonia Dependencies)

Ibu Kota
“Noumea City”

Lagu Kebangsaan
“Marseille”

Populasi Penduduk
“270.789 Jiwa” terdiri dari Melanesian 44,6%, European 34,5%, Walisian, 9,1%, Tahitian, 2,7%, Indonesian, 2,6%, Vietnam, 1,4%, Ni-Vanuatu, 1,2% lainnya, 3,9%.

Agama
“Katholik Roma 60%, Protestan 30%, Islam 5% dan Lainnya 5%”

Beautifull Beach New Caledonia
Bahasa
“Prancis” Comptoirs Francais du Pacifique (CfP Franch)

Hari Nasional
“Bastille Day 14 July 1789)”











Map of New Caledonia

Resource : Wikipedia.org



Tidak ada komentar:

Posting Komentar